Sunday, April 23, 2017

Drone : Alat Penyelamat Korban Kecelakaan di laut


TONRANEWS.COM, PALOPO — Ini kali kedua Dr Yulian Paonganan membuat karya luar biasa. Sebelumnya, ia berhasil dengan drone amfibi OS-Wifanusa yang mendapatkan sertifikat Indonesian Military Airworthiness (IMAA) dan digunakan Kementerian Pertahanan.

Pada karya kedua ini, doktor asal Palopo, Sulawesi Selatan, mengembangkan Marine Rescue Drone CAMAR-70. Teknologi Unmanned Aerial Vehicle (UAV) atau yang dikenal dengan nama drone ini dapat difungsikan sebagai alat penyelamatan korban kecelakaan di laut.

Drone jenis ini sebetulnya sudah dikembangkan di Korea dan Amerika Serikat, dan kerap digunakan untuk penyelamatan korban di kawasan wisata pantai, kecelakaan kapal laut, atau kecelakaan lainnya yang terjadi di laut. Tetapi, Yulian mengklaim buatannya bersama timnya di Indonesian Maritime Institute lebih keren dibanding karya-karya di negara lain.

“Kalau negara lain bisa membuat, kita pun bisa membuat, bahkan lebih baik,” kata Yulian yang akrab disapa Ongen.

Cara kerja Marine Rescue Drone CAMAR-70 adalah mengirimkan pelampung ke lokasi korban yang sedang panik atau terombang-ambing di laut secara cepat dan akurat sebelum alat penolong lainnya datang untuk mengevakuasi.

Drone ini dilengkapi sistem otonom, GPS, dan kamera yang bisa membantu pencarian posisi korban dan segera mengambil tindakan penyelamatan pertama dengan menjatuhkan pelampung yang dibawa. Di situlah kelebihannya.

“Kecepatan dan ketepatan drone ini mampu meminimalisir jatuhnya korban jiwa,” sambung Ongen.

Saat uji coba, Marine Rescue Drone CAMAR-70 buatan Ongen berhasil memberikan pelampung kepada korban tenggelam di Waduk Jatiluhur. Hanya dalam waktu 20 detik korban sudah mendapatkan pertolongan pertama.

“Uji coba atau simulasi ini merupakan finalisasi dari riset pembuatan Marine Rescue Drone yang kami lakukan melalui Indonesia Maritime Institute,” jelas Ongen dalam keterangan resmi.

Rencananya, Marine Rescue Drone CAMAR-70 bakal diproduksi massal tahun ini demi kepentingan penyelamatan di laut Indonesia. 

Sumber : fajar.co.id
Advertisement
Comments
0 Comments

0 comments