Sunday, April 23, 2017

17 kapal Raksasa akan Bersandar di Tanjung Priuk


Foto: Tim Infografis, Luthfy Syahban
Tonranews.com - Jakarta. Hari ini Perusahaan pelayaran asal Perancis, Compagnie Maritime d'Affretement - Compagnie Generali Maritime (CMA-CGM) telah resmi membuka pelayanan kapal terjadwal yang mengantar peti kemas dengan rute Tanjung Priok ke West Coast (LA & Oakland) Amerika Serikat.

CMA-CGM pun telah menyiapkan 17 kapal atas rute tersebut dengan sistem weekly call atau sandar setiap minggu secara rutin. Semua kapal tersebut merupakan kapal raksasa dengan kapasitas yang sangat besar. Seperti pelayanan resmi perdana hari ini dilakukan dengan Kapal CMA-CGM Otello berkapasitas 8.238 TEUs.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyambut baik hal tersebut. Menurutnya kapal-kapal raksasa yang bersandar di dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) membuktikan bahwa Tanjung Priok merupakan pelabuhan yang bisa bersaing dengan negara lain.

"Bayangkan ada 17 kapal sebesar ini yang akan datang ke Indonesia dan menjadi bagian dari kapal-kapal di Tanjung Priok," tuturnya di Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (23/4/2017).

Kapal Raksasa di Tanjung Priok Foto: Danang Sugianto
Seluruh kapal tersebut nantinya akan melakukan pelayanan jasa angkutan peti kemas yang memiliki rute Jakarta-Laem Chabang (Thailand)-Cai Mep (Vietnam)-Los Angeles-Oakland.
Kapal Raksasa di Tanjung Priok Foto: Danang Sugianto
Sementara kapal CMA-CGM Otello yang datang hari ini melakukan pembongkaran sebesar 844 TEUs dan memuat 1.967 TEUs. Dengan begitu total bongkar muat dari kapal tersebut mencapai 2.811 TEUs.

Muatan kontainer yang akan berangkat perdana berisi barang-barang ekspor nasional mulai dari produk garmen (pakaian jadi), kertas, dan furniture. (mkj/mkj)

Sumber : Detik.com
Advertisement
Comments
0 Comments

0 comments