Tuesday, April 18, 2017

Unggah APBDesa, Desa ini Menuai Pujian

TONRANEWS.COM, BONE - Besarnya anggaran yang mengalir ke pedesaan tak urung menunjukkan kekhawatiran akan pertanggungjawaban penggunaannya. Sebuah langkah baru dan maju dilakukan oleh Desa Bulu-Bulu, Kecamatan Tonra Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan dengan mengunggah info grafis Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa di media sosial sebagai salah satu bentuk transparansi penggunaan APBDesa.



Dari Info grafis terlihat bahwa pendapatan Desa Bulu-Bulu sebesar Rp. 1.2 Milyar berasal dari Pendapatan Asli Desa 0.3 persen, Bagi Hasil Pajak dan Retribusi 7 persen, Anggaran Dana Desa 32 persen, dan Dana Desa 66.3 persen.
Anggaran tersebut akan digunakan untuk kegiatan Pembinaan 2 persen, Pemberdayaan 13 persen, Pemerintahan 31 persen, dan Pembangunan 54 persen. Info grafis tersebut dilengkapi dengan nomor kontak aparat desa yang setiap saat bisa dihubungi jika ada warga yang memerlukan pelayanan.

Kepala Desa Bulu-Bulu Drs. H. Muh. Arief mengatakan bahwa awal pemerintahannya dimulai dengan menciptakan pemerintahan desa yang mengedepankan pelayanan masyarakat.

"Saya memberikan kesempatan ke yang lebih muda, mereka adalah pekerja keras yang cerdas, proaktif, dan inovatif, punya kompetensi dan kapasitas yang mumpuni" ujar mantan anggota DPRD Kabupaten Bone ini yang memilih mengabdi langsung di desa kelahirannya, ketika ditemui di kantornya bersama aparat Sabtu, 8 April 2017

Salamun, S.E selaku sekertaris desa yang mengunggah info grafis tersebut mengungkapkan bahwa sudah saatnya Dana Desa dibuka ke masyarakat sehingga masyarakat mengetahui asal usul dan penggunaan anggaran. "Ini bagian dari amanah yang harus ditunaikan, silahkan mengawasinya" ujarnya, didampingi bendahara desa Irsan.

Unggahan tersebut menuai pujian dari banyak netizen. "Ini sebuah langkah maju yang sekiranya bisa diikuti oleh semua desa, sehingga tumbuh kepercayaan masyarakat akan kinerja aparat pemerintahan desa" komentar Wasir Rahim, netizen yang berdominsili di Balikpapan yang kemudian turut membagikan informasi tersebut.

Laporan : Syahrul Basri
Advertisement
Comments
0 Comments