Thursday, July 27, 2017

Libureng, Desa ODF Pertama di Kecamatan Tonra



Tim verifikasi Desa ODF (Open Defication Free) dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bone mengunjungi Desa Libureng Kecamatan Tonra pada hari Kamis, 27 Juli 2017. Tim verifikasi terdiri dari 5 orang dan diketuai oleh kepala seksi Kesehatan Lingkungan, Jasmani dan Olahraga,  Bustan, SKM, M.Kes. Verifikasi dilakukan dengan mengunjungi langsung rumah penduduk di empat dusun. Jumlah sampel yang diverifikasi  sebanyak sepuluh persen dari jumlah kepala keluarga dan dilakukan secara acak guna memastikan tidak ada lagi masyarakat yang buang air besar di sembarang tempat. Dalam verifikasi tersebut, tim didampingi langsung oleh unsur Pimpinan Kecamatan Tonra; Tim dari Puskesmas Tonra, Kepala Desa Libureng serta tokoh masyarakat.

Setelah melakukan verifikasi, tim akhirnya memutuskan bahwa Desa Libureng dinyatakan memenuhi syarat sebagai Desa ODF. Pencapaian ini menempatkan Desa Libureng sebagai Desa ODF pertama dari 11 desa di Kecamatan Tonra sekaligus merupakan Desa ODF ke 24 dari 120 Desa yang ditargetkan sebagai Desa ODF oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bone dalam tahun ini.

Kepala Desa Libureng A. Sudarno, BA mengaku sangat puas dengan hasil penilaian ini. “Saya mengucapkan terima kasih kepada tim verifikasi dan semua pihak yang terlibat. Hasil ini tentu tidak lepas dari kerjasama dan partisipasi aktif masyarakat bersama aparat desa, bimbingan dari bidan desa dan kelompok kerja sehat yang ada” ungkapnya didampingi oleh Jumtu Alam Azis selaku sekertaris Desa Libureng.

Sementara itu, Camat Tonra Drs. Bambang Hermanto mengharapkan agar pencapaian ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan menuju Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) sehingga bisa menjadi contoh bagi desa lainnya.


Syahrul Basri
Advertisement
Comments
0 Comments

0 comments