Friday, August 18, 2017

HUT RI ke-72, Peternak Sapi Unjuk Kebolehan







Berbagai kegiatan dilakukan guna lebih memeriahkan HUT RI ke-72. Salah satu ide kreatif dan unik dilakukan oleh Muhammad Amin Manna selaku Ketua Panitia HUT RI ke-72 Kecamatan Tonra adalah melibatkan peternak sapi dalam lomba mengambil rumput sebagai pakan ternak. Keterbatasan lahan terbuka untuk memelihara ternak memang menjadi tantangan tersendiri bagi para peternak sapi saat ini sehingga mereka harus mencari pakan ternak yang jauh untuk sapi peliharaannya.

Lomba mengambil pakan ternak dimulai dengan membagikan karung sebagai tempat rumput. Para peternak lalu pergi mengambil rumput dan membawanya kembali ke arena untuk diperlombakan. Lomba dimulai dengan ketangkasan membawa rumput dengan sepeda motor pada kecepatan terendah. Hal ini dimaksudkan sebagai ujian bagi peternak yang sehari-hari melewati jalan setapak dan pematang sawah yang licin sehingga mereka harus mengisi karung semaksimal mungkin.

Sardi, peternak dari Desa Muara keluar sebagai pemenang dengan berat rumput 73.45 kg. Dia mengaku mengambil rumput tersebut dari kawasan Pace sekitar 5 kilometer dari tempat tinggalnya, dia sangat senang bisa ikut berpartisipasi langsung dalam perayaan kali ini, senyum kegembiraan pun selalu terpancar diwajahnya setelah diumumkan jadi pemenang. Muhlis, peternak dari Desa Gareccing juga tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya. Peternak yang sehari-hari harus mengambil rumput ke kawasan Bulu Cimpolong yang berjarak sekitar 7 kilometer dari rumahnya keluar sebagai pemenang ke empat dengan berat rumput 54.5 kg.
Mereka mendapatkan hadiah kaos dari komunitas Tonra Wanuakku, uang pembinaan, dan obat untuk pemeliharaan ternak. Rumput yang dibawanya pun dilelang Rp. 50.000 per karung.

Penyuluh Peternakan Kecamatan Tonra Andi Adriani, S. Pt. yang juga didaulat menjadi juri dalam lomba tersebut mengucapkan terimakasih kepada Panitia atas inisiatif melibatkan peternak dalam lomba kali ini. "Mudahan mudahan menjadi motivasi bagi mereka untuk lebih ulet dan lebih baik dalam memelihara ternak" ujarnya Andi Adriani, didampingi oleh Zainuddin selaku Kepala Desa Muara yang mendampingi langsung utusan dari desanya dalam lomba ini.

...Syahrul Basri...

Advertisement
Comments
0 Comments

0 comments