Thursday, September 14, 2017

SMAN 1 BONE Dominasi Kuis Kihajar 2017

TonraNews-Makassar - Lomba Kuis Kihajar (Kita Harus Belajar) Tingkat Propinsi Sulawesi Selatan kembali di gelar 13-14 September 2017 di Grand Palace Hotel Makassar. Lomba diikuti oleh ratusan siswa SD/SMP/SMA dan yang sederajat dari berbagai sekolah se-Sulawesi Selatan.

Kuis Kihajar bertujuan memotivasi siswa untuk memanfaatkan dan meningkatkan kompetensi melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran, serta memfasilitasi siswa untuk unjuk prestasi. 

Kuis dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu Kuis Harian, Kuis Provinsi, Kuis Nasional. Kuis Harian dilakukan melalui TV Edukasi dengan mendaftar secara on line melalui website kihajar.kemdikbud.go.id. Peserta secara otomatis akan dapat mengerjakan soal kuis sesuai dengan jenjangnya melalui http://tve.kemdikbud.go.id
Peserta Kuis Harian dengan nilai yang memenuhi syarat akan mendapatkan undangan mengikuti seleksi tingkat propinsi untuk memilih 9 finalis yang merupakan 3 peringkat teratas dari masing-masing jenjang SD/SMP/ SMA (sederajat).
Para Finalis tersebut kemudian mengikuti seleksi lanjutan dihadapan juri nasional terkait kompetensi berupa keterampilan (skill) dalam pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi; yaitu membuat proyek dalam bentuk digital dan pemaparan materi yang bersumber dari Video on Demand TV Edukasi (tve.kemdikbud.go.id/vod). Format sajian presentasi bisa berupa file pengolah kata (word), file presentasi (power point), file video, maupun file multimedia lainnya. Bobot penilaian terdiri dari Konten (50%), Performance Penyajian (30%) dan Kompleksitas materi sajian dari aspek Teknologi Informasi dan Komunikasi (20%).

Pemenang Kuis Kihajar 2017 Sulawesi Selatan Tingkat SMA dan SMP



Setelah melalui seleksi yang sangat ketat untuk tingkat SMA, Rivaldo Go (SMAN 1 Bone) keluar sebagai Juara 1 Kuis Kihajar Tingkat Propinsi Sulawesi Selatan, disusul Naufal S Panrita (SMAN 5 Gowa) sebagai Juara 2, dan A. Muhammad Fikri (SMAN 1 Bone) sebagai Juara 3. Dengan Demikian Rivaldo Go berhak mewakili Sulawesi Selatan ke tingkat nasional di Jakarta beberapa waktu mendatang.

Naufal S Panrita yang ditemui TonraNews usai perlombaan mengaku cukup puas dengan hasil yang dicapai. Naufal yang tahun lalu berada di urutan ke 5 ketika mewakili SMP Islam Athira Bone pada lomba yang sama mengakui kurangnya persiapan sebelum mengikuti lomba kali ini.
“Saya baru menerima informasi sehari sebelum lomba diadakan, sementara selama dua bulan ini saya harus mengikuti masa sosialisasi di sekolah yang baru dimana kami belum bisa menggunakan media komunikasi termasuk internet, jadi sama sekali tidak ada persiapan” ujarnya yang tetap tidak bisa menyembunyikan rasa kecewanya.

Meskipun demikian, Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tinggimoncong Gowa (SMA Andalan Sulawesi Selatan) yang kini telah berubah menjadi SMAN 5 Gowa tetap menunujukkan optimisme yang tinggi untuk hasil yang lebih baik ditahun berikutnya. “ Masih ada kesempatan berikutnya, Insya Allah hasilnya akan lebih baik”  tutup siswa yang juga berasal dari Kabupaten Bone tersebut, tepatnya dari Desa Bulu-Bulu, Kecamatan Tonra.
Advertisement
Comments
0 Comments

0 comments