Sunday, April 29, 2018

Kerja Bakti di Masjid Raya, Warga Tonra Kerahkan Alat Berat

Tonra_TonraNews.com; Ramadhan sebentar lagi, 1 Ramadhan 1439H diperkirakan akan jatuh pada 17 Mei 2018. Berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut bulan yang penuh berkah tersebut. Warga Desa Bulu-Bulu Kecamatan Tonra Kabupaten Bone mengadakan kerja bakti pada hari Ahad 29 April 2018 di Masjid Besar Al-Manaar yang merupakan Masjid Raya Kecamatan Tonra.
Kerja bakti yang dimulai sejak pagi dihadiri oleh puluhan warga, dilakukan dalam rangka pembongkaran pagar masjid, perbaikan saluran air dan meratakan pekarangan masjid. Sekitar 40 truk timbunan diperlukan untuk meratakan pekarangan, pekerjaan meratakan tanah timbunan dibantu oleh sebuah alat berat jenis wheel loader. Empat buah truk tongkang berkapasitas 4 ton terlihat hilir mudik membawa timbunan dari pagi hingga sore hari. Anggota DPRD Partai Gerindra H. Abdul Hamid, S.E terjun langsung dan berbaur dengan masyarakat bersama Camat Tonra Drs. Bambang Hermanto dan Koramil Tonra Pelda Taslim.  Kepala Desa Bulu-Bulu Drs. H. Arief Rachman juga tidak ketinggalan hadir bersama kepala dusun, aparat desa dan tokoh masyarakat. Timbunan dan alat berat tersebut merupakan bantuan dari H. Abdul Hamid, S.E anggota Komisi III Bidang Pembangunan DPRD Kabupaten Bone
Di dalam masjid juga berlangsung pemasangan sound system baru. Satu set sound system merek papan atas senilai 25 juta rupiah tersebut adalah bantuan dari Andi Samsuddin, S.H, M.H yang merupakan putra Tonra yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Perizinan Kabupaten Serang, Propinsi Banten.

Sejak 2016 Masjid Besar Al-Manaar Kecamatan Tonra mulai direnovasi dengan anggaran sekitar 1.5 milyar rupiah. "Alhamdulillah, renovasi sudah dalam tahap penyelesaian. Semua lantai sudah dikeramik sehingga kami bisa menggunakannya dengan nyaman di bulan suci ini" ujar Drs. H. Saguni sebagai bendahara panitia. H. Saguni menjelaskan bahwa lebih dari 80% penyumbang adalah warga Bulu-Bulu baik yang ada berdominsili di Bulu-Bulu sendiri maupun yang ada di luar daerah. Sementara itu, Kepala Desa Bulu-Bulu, Drs. H. Arief Rachman menambahkan bahwa pembangunan masjid ini masih memerlukan dana tambahan sekitar lima ratus juta rupiah untuk plafon, tempat wudhu, pekarangan dan pagar. "Untuk tempat wudhu, Ustadz Bachtiar Natsir juga menyatakan siap untuk membantu" ungkap Drs. Bambang Hermanto. Menurut Camat Tonra, Ketua GNPF-MUI Ustadz Bachtiar Natsir yang merupakan putra Tonra menyatakan kesediaannya membangun tempat wudhu saat menghadiri Tabligh Akbar yang di adakan di Masjid Besar Al-Manaar beberapa bulan lalu.
Advertisement
Comments
0 Comments

0 comments