Sunday, May 13, 2018

'Wija Tonra' Tembus Olimpiade Sains Nasional 2018 di Padang


Makassar-TonraNews.com; Sebanyak 663 siswa terbaik dari sembilan bidang sains dinyatakan lolos untuk bersaing dalam ajang bergengsi Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang akan dilaksanakan di Padang, Sumatera Barat, 1-7 Juli 2018. Mereka merupakan perwakilan dari 34 propinsi hasil seleksi olimpiade sains tingkat propinsi yang telah berlangsung secara serentak pada 17-19 April 2018 dan diikuti oleh 13.525 siswa di seluruh Indonesia. Sembilan bidang sains yang diperlombakan dalam OSN meliputi Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Seperti dilansir oleh TonraNews.com 8 Mei 2018, Propinsi Sulawesi Selatan akan diwakili oleh 16 siswa yang berasal dari SMA Katolik Rajawali Makassar 6 orang, SMA Islam Athira Boarding School Bone 3 orang, SMA Negeri 5 Gowa 3 orang, SMA Negeri 17 Makassar 2 orang, MA Pesantren IMMIM Makassar dan SMA Insan Cendekia Syekh Yusuf masing-masing 1 orang.


Salah seorang wakil Sulawesi Selatan Naufal S Panrita ternyata berasal dari Tonra. Siswa kelas X SMAN 5 Gowa yang lebih dikenal dengan nama SMA Andalan ini mewakili Sulawesi Selatan dalam bidang Kebumian setelah sebelumnya meraih angka tertinggi dalam seleksi bidang Kebumian se-Kabupaten Gowa. Dalam chatting yang dikirim ke TonraNews, Naufal mengatakan akan memilih dan fokus pada beberapa mata pelajaran sesuai dengan minat dan bakatnya. "meskipun fokus ke Kebumian dan Ekonomi, mata pelajaran lain tentu tidak bisa diabaikan dan harus tetap dipelajari" ungkap siswa yang bercita-cita mendalami ilmu perminyakan dan pertambangan. "Alhamdulillah, bisa lolos OSN memang menjadi cita-cita. Saya tidak menargetkan untuk juara, tapi akan tetap berusaha seoptimal mungkin untuk memberikan yang terbaik, mohon doa-nya" tulisnya menutup chatting dengan TonraNews.

Walaupun prestasi akademik selama sekolah biasa-biasa saja, namun Naufal ternyata punya motivasi lebih jika mengikuti suatu lomba. Sebelumnya, Naufal mengikuti Olimpiade Sains Nasional Ekonomi 2017 di Universitas Negeri Malang, Jawa Timur. Beberapa prestasi pernah diraihnya seperti Juara II lomba Kuis Ki Hajar 2017 tingkat Propinsi Sulawesi Selatan, Juara I Lomba Rangking Satu Porseni Terpadu 2017 Se-Kabupaten Bone dan Juara Harapan Cipta Puisi Festival Lomba Seni Nasional 2016 tingkat Propinsi Sulawesi Selatan.

Naufal menammatkan pendidikan dasar pada SDN 246 Bulu-Bulu Kec. Tonra Kab. Bone, lalu meneruskannya ke SMP Islam Athira Boarding School Watampone. Keinginan orang tuanya untuk tetap mencari sekolah terbaik yang sesuai dengan kemampuan keuangan membawa Naufal ke SMAN 5 Gowa yang waktu itu masih bernama SMAN 2 Tinggimoncong. Sekolah ini terletak di jalan poros Makassar - Malino,  sekitar 2 jam dari Makassar atau 5-7 jam perjalanan dari kampung halamannya. Ia hanya memanfaatkan angkutan umum bus Damri ketika ada kesempatan untuk pulang kampung.
Naufal, kakak dari Nabil S Makkareso memang dididik secara mandiri sejak kecil, Ibunya Ridawati berkerja sebagai pegawai negeri di Puskesmas Tonra sedangkan Ayahnya kini masih merantau ke Kalimantan.




.
Advertisement
Comments
0 Comments

0 comments